Pengendara di Banda Aceh Kurang Peduli Keselamatan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pengguna jalan di Kota Banda Aceh saat ini dianggap masih kurang peduli dengan keselamatan. AKBP Adnan dari Polda Aceh, atau yang dikenal sebagai polisi Meu Pep-Pep mengatakan, masih banyak pengendara yang kurang safety dalam berkendara.

“Masih banyak saya liat masyarakat yang tidak pakai helm di jalan, bermain handphone sambil mengendara, itu bukti masyarakat kita belum peduli akan keselamatan,” kata Adnan di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Rabu (14/1/2015).

Menurutnya keselamatan ialah hal utama bagi pengendara. Untuk itu, program Meu Pep-Pep yang ia jalani itu, diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan dijalan. Di Aceh, kata Adnan, pada 2015, kematian akibat kecelakaan di jalan raya mencapai ribuan lebih.

“Pesawat terbang kecelakaan paling banyak 100 orang, kapal laut 200 orang setiap tahun tapi di jalan darat mencapai 1000 orang dalam satu tahun, karena tidak diimbangi dengan keahlian dan ketaatan pengendara itu sendiri,” ujar Adnan.

Dalam diskusi tersebut, ia menghimbau kepada masyarakat terutama mahasiswa agar lebih peduli terhadap keselamatan di jalan. Sebagai kita madani, masyarakat Banda Aceh juga harus madani dalam berkendaran di jalan, kata Adnan. []

Aprizal Rachmad

Mungkin Anda Menyukai