Darussalam Padat Mahasiswa

Kawasan Darussalam padat oleh mahasiswa. Sehingga pagi dan sore hari jalanan seputar Darussalam macet akibat dipenuhi oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari data yang saya peroleh, jika dipersentasikan, 70% orang yang berada di kawasan Darussalam adalah mahasiswa yang sebagian besar berasal dari luar Kota Banda Aceh, 27% adalah penduduk asli, dan 3% adalah penggangguran.

Dari data diatas, timbul pertanyaan, apa alasan calon mahasiswa memilih melanjutkan pendidikan di Kota Banda Aceh, khususnya di UIN Ar-Raniry dan Unsyiah sehingga membuat wilayah Darussalam padat?

“Tidak ada izin dari orang tua untuk melanjutkan kuliah ke luar kota. Di sini mudah dijangkau orang tua, biaya kuliah murah dan yang pasti berkualitas, serta biaya hidup lebih murah,” kata Khaira Amalia dan Eliza Rahmi di Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry beberapa waktu lalu.

Namun, banyaknya jumlah mahasiswa diseputaran Darussalam membawa keuntungan bagi pedagang. Banyak mahasiswa memenuhi warung untuk makan atau minum, bercengkrama, manfaatkan Wi-fi, namun ada juga yang mencari tugas.

Sesungguhnya mahasiswa memiliki banyak kreatifitas dan ide yang cemerlang untuk memajukan bangsa ini. Jadi jangan bermalas-malasan dan bekerja keraslah untuk mencapai tujuan kita semua.
Kerjakanlah apa yang membuat kita cepat mencapai masa depan dan tinggalkan apa yang membuat rugi masa depan. Karena tujuan kita adalah untuk mendapat ilmu, meraih sukses, dan membanggakan kedua orang tua kita.

Penulis bernama Novita Desi Yulianti, mahasiswa Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry