Penyu Bisa Menjadi Daya Tarik Wisata

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh turut menghadiri pelepasan 154 ekor anak penyu oleh tim konservasi penyu Arun Meubanja di Aceh Jaya, Kamis (28/1/2015).

Di Aceh Jaya sendiri, ada tiga lokasi yang dijadikan masyarakat setempat sebagai penangkaran penyu, yaitu di desa Kede Pangan sebagai zona inti, desa Kede Tuha zona penyangga, dan desa Lepiet sebagai pemberdayaan penyu.

Kepala Disbudpar Aceh, Reza Fahlevi mendukungan kegiatan konservasi penyu yang selama ini dilakukan tim konservasi penyu Aron Meubanja. Menurutnya, salah satu tujuan pariwisata adalah turut menjaga pelestarian lingkungan. Penyu juga dapat menjadi salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Aceh Jaya.

“Kita harapkan juga partisipasi masyarakat dalam rangka mempromosikan hal ini, tanpa dukungan masyarakat kita pemerintah juga tidak akan efisien untuk melakukan sesuatu pekerjaan,” kata Reza.

Sementara itu, Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Jaya, Ridwan mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada kelompok masyarakat Aron Meubanja yang telah menumbuhkan kesadaran untuk melindungi satwa yang hampir punah itu.

“Kita berterimakasih kepada kelompok masyarakat ini, karena adanya kesadaran masyarakat setempat untuk melestarikan penyu yang boleh dikatakan sudah hampir punah,” ucap Ridwan.

Ridwan juga meminta pemerintah baik provinsi maupun kabupaten agar memberikan perhatian yang serius kepada kelompok masyarakat yang ikut melestarikan lingkungan laut khususnya perlindungan satwa yang hampir punah, sehingga dengan adanya perhatian pemerintah, kegiatan tersebut bisa dilakukan secara berkelanjutan. []

Aprizal Rachmad