Ini Faktor Radikalisme Tumbuh Dalam Diri Seseorang

Sumberpostcom | Banda Aceh – Guru besar UIN Ar-Raniry Yusni Sabi berbicara dalam diskusi publik meninjau kembali konsep deradikalisme dalam penangganan terorisme di Indonesia pada Jumat (30/1/2016) di Aula Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry.

Ia mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat seseorang mudah terperosok ke dalam radikalisme, salah satunya pendidikan. Pendidikan yang bagus, menurutnya, kombinasi dari kompetensi dosen, minat mahasiswa, metode mengajar, serta materi yang sesuai.

“Jadi, misalnya terjadi pembodohan dalam sebuah pendidikan, maka radikalisme akan melembaga,” tuturnya dihadapan puluhan mahasiswa yang menghadiri diskusi publik tersebut.

Adapun faktor lainnya ialah rumah tangga, masyarakat, sistem birokrasi, dan janji palsu politik. Ia mencontohkan, pola asuh dalam keluarga akan sangat berdampak bagi diri seseorang.

“Jadi secara tidak kita sadari, radikal sudah mulai tumbuh sedikit demi sedikit dari dalam diri kita, apalagi melalui beberapa faktor itu tadi,” kata Yusni. []

Ghasyia MZ

Mungkin Anda Menyukai