Tak Ada Biaya Berobat, Kanker Hanafiah Kian Parah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Hanafiah, penderita kanker kulit asal Panton Labu, Aceh Utara masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA), Banda Aceh, pada Jumat (29/1/2016) malam.

Kondisi Hanafiah sudah parah. Kanker kulit di hidungnya sudah menyebar hingga hampir ke mata. Dari hidungnya keluar lendir berbau menyengat. Saat tidur, nafasnya seperti sesak nafas.

Anak Hanafiah, Marzuki menceritakan, ayahnya sudah menderita kanker lebih kurang setahun setengah. Kanker itu awalnya hanya benjolan kecil di hidung. Namun semakin lama semakin membesar. Hanafiah kemudian pergi sendiri berobat ke Puskesmas.

Namun karena semakin parah, ia menjalani perawatan di Rumah Sakit Cut Mutia Aceh Utara. Di rumah sakit tersebut Hanafiah divonis kena kanker kulit dan dirujuk ke RSUZA, Banda Aceh, pada Agustus 2015 lalu.

Di RSUZA, ia tidak menjalani rawat inap, selain itu juga tidak mempunyai sanak famili di Banda Aceh, sehingga harus bolak balik Banda Aceh-Aceh Utara. Hanafiah di rumah sakit tersebut dirawat selama dua bulan hingga Oktober 2015.

“Sampak Oktober Udah sebelas kali bolak balik ke RSUZA,” kata Marzuki di RSUZA, Sabtu (30/01/2016) malam.

Pada akhir Oktober 2016, Hanafiah harus menjalani operasi di RSUZA dan kamoterapi di rumah sakit di wilayah Medan sebanyak 33 kali. Karena tidak punya biaya untuk ke Medan, ia tidak menjalani operasi serta kamoterapi. Setelah itu Hanafiah kembali ke Panton Labu dan tidak menjalani perawatan apapun.

Seiring waktu berjalan, kanker kulit yang diderita Hanafiah kian parah hingga akhirnya kembali dibawa ke RSUZA.

Sementara itu, Marzuki mengeluhkan kondisi keuangan mereka yang kurang memadai. Ia mengharapkan uluran tangan dari pemerintah maupun masyarakat. Selama ini, Hanafiah belum menerima bantuan apapun dari pemerintah lokal maupun daerah.

“Kalau saya kerjaan juga gak tetap, kadang kerjaj bangunan, panjang pinang, sawah. Kalau nggak ada nggak makan,” kata Marzuki didampingi Zainabon, istri Hanafiah. []

Abd Hadi F