Gengsi Perguruan Tinggi

Setiap individu memilki hak untuk melanjutkan pendidikan formal. Salah satunya melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Bagi siswa SMA/SMK/MAN maupun pesantren yang saat ini sedang dalam masa akhir sekolah, banyak yang bingung untuk memilih jurusan dan tempat kuliah.

Kebanyakan yang ada dibenak siswa adalah bagaimana caranya masuk ke universitas yang keren punya dan akreditasi bagus.

Dari hasil beberapa wawancara, saya mendapatkan banyak tanggapan dari anak-anak sekolah menengah ke atas yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Diantara mereka, ada yang ingin seklai melanjutkan pendidikan ke Universitas Padjajaran karena itu cita-citanya sejak dulu.

Ada juga yang sudah memantapkan pilihannya pada satu jurusan dan menentukan lewat jalur mana ia tes. Ada juga yang sangat antusias ingin sekali masuk Fakultas Kedokteran Unsyiah.

Kendati demikian, di mana pun seseorang menuntut ilmu, yang menjadi kunci utama kesuksesannya ialah belajar.

Masuk perguruan tinggi, apalagi yang favorit sangatlah sulit. Karena akan ada belasan ribu orang bertarung hanya untuk mendapatkan beberapa ribu kursi saja.

Jika ingin lulus di perguruan tinggi favorit, kuncinya adalah giat belajar. Dalam kuliah, mahasiswa akan mendapatkan ilmu dan pengalaman, untuk memantapkan kemampuan diri seseorang agar mudah mencari pekerjaan.

Kuliah ditempat yang tinggi pun tidak menjanjikan seseorang menjadi hebat. Hanya kemauan dan kerja keras serta banyak belajar yang dapat membantu seseorang meraih impiannya.

Penulis bernama Aulia Arismanda, mahasiswa UIN Ar-Raniry