Banda Aceh Berada di Tengah Patahan Lempeng Bumi

Sumberpost.com | Banda Aceh – Peniliti sekaligus Akademisi Geofisika Unsyiah, Nazli Ismail menyebutkan, Kota Banda Aceh berada di atas dua patahan lempeng bumi, yang pertama patahan Sumatera yang meliputi sesar Seulimum mulai dari Glumpang, Sigli, Lamtamot, Krueng Raya, Pulau Weh, hingga ke Andaman.

Di sisi lain, Kota Banda aceh berada di patahan wilayah Geumpang, Tangse, Jantho sampai ke Pulau Aceh. Kedua patahan yang seharusnya bergerak sesuai arahnya tersebut tidak bergerak secara normal. Banda Aceh sendiri berada di tengah kedua patahan itu.

Wilayah yang mempunyai potensi gempa cukup besar berdasarkan patahan tadi, menurut Nazli ialah Takengon. Di daerah tersebut jarang terjadi gempa, namun ia khawatir sekali terjadi gempa di daerah tersebut, kekuatannya sangat besar.

“Jika di satu daerah jarang terjadi gempa, bisa jadi pada saat sekali gempa bisa cukup besar dan parah kerusakan wilayah, sehingga masyarakat harus mewaspadai ini,” kata Nazli Ismail di Aula Rektorat UIN Ar-Raniry, Rabu (3/2/2016).

Ia berharap pemerintah memberi sosialisasi serta edukasi mengenai gempa kepada masyarakat agar masyarakat bisa mengantisipasi jika terjadi bencana alam. Saat ini menurutnya Pemerintah Aceh masih senang mengobati daripada mencegah.

Aprizal Rachmad | foto: Humas UIN Ar-Raniry

Mungkin Anda Menyukai