40 Calon Satpam UIN Ar-Raniry Ikut Tes Tahap Terakhir

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 40 peserta calon tenaga kontrak satuan pengamanan (Satpam) UIN Ar-Raniry mengikuti tes wawancara pada Selasa (16/2/2016) di Ruang Sidang lantai III Biro Rektor.

Ketua Panitia Penerimaan Tenaga Kontrak 2016, Junaidi disela-sela pelaksanaan tes wawancara mengatakan, tes wawancara merupakan seleksi tahap akhir setelah lulus pada tiga tahap tes sebelumnya.

Junaidi merincikan, pada pendaftaran pertama penerimaan calon tenaga satpam, sebanyak 280 orang mendaftar, namun hanya 261 yang lulus seleksi administrasi. Dari jumlah tersebut, 236 peserta mengikuti ujian tulis dan tes baca Al-Quran, dan hanya 90 orang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti tes fisik.

Pada tes tahap ketiga yaitu tes fisik, yang hadir hanya 88 orang, selanjutnya mereka yang dinyatakan lulus tes samapta hanya 40 orang dan berhak mengikuti tes wawancara.

“Tes wawancara ini berlangsung tertib, aman, dan dilaksanakan sesuai dengan perundang-undangan, dibagi dalam tiga regu atau meja tes, mereka dites oleh tiga penguji dari Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry,” ujar Junaidi yang juga menjabat sebagai Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry.

Lebih lanjut dikatakan, materi yang diuji fokus pada lima nilai budaya kerja Kementerian Agama RI, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan.

Sementara itu, salah seorang penguji tes wawancara, Kusmawati Hatta mengungkapkan, materi tes terkait dengan budaya kerja yang dibuat oleh Kementerian Agama RI ini dilakukan dengan menggunakan skala agar memudahkan dalam penilaian.

“Rata-rata pemahaman dari peserta tes ini sudah sangat bagus, namun ada juga beberapa orang jika dilihat dari dasar nilai ujian tulis dengan hasil wawancara ini ada yang tidak sinkron, bisa saja dia memiliki pengetahuan umum yang bagus, tapi belum mampu secara keseluruahan,” ujar Kusmawati. [Rilis]