Rektor: Pemekaran ALABAS Sebaiknya Dikaji Dulu

Sumberpost.com | Banda Aceh – Isu pemekaran provinsi ALABAS yang marak diperbincangkan masyarakat Aceh belakangan ini juga ditanggapi oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim.

Menurut Farid, pemekaran ALABAS dari Provinsi Aceh harus dikaji terlebih dahulu. Jika setelah dikaji pemekaran tersebut ternyata banyak memberi manfaat serta berdampak positif, pemekaran layak diperjuangkan.

“Para aktifis atau tokoh penggerak yang menginginkan pemisahan ini, harus mengkajinya terlebih dahulu. Jangan langsung mengambil kesimpulan,” ujar Farid usai kegiatan Solutions Studies Center For Pollitical and Strategic di UIN Ar-Raniry, Kamis (18/02/2016).

Terkait ALABAS, Farid ingin masyarakat yang mendukung maupun tidak, menyelesaikan wacana itu secara dingin dan baik-baik. Namun sebelum melihat ke arah pemekaran, masyarakat Aceh juga harus menimbang suasana damai yang sudah dirasakan selama sepuluh tahun ini.

“Kenapa Aceh masih konflik dan ada yang belum sejahtera, mungkin ini bisa kita kaji terlebih dahulu apakah salah pemerintah ataupun kesalahan kita masyarakat bersama,” ujarnya kepada wartawan.

Selain itu, ia ingin tokoh penggerak melihat kembali wacana pemekaran ALABAS apakah memang menjadi permintaan masyarakat, baru setelahnya dikaji mengenai pemekaran untuk mengetahui kelayakan wacana provinsi baru tersebut. []

Abd Hadi F