Besok, 52 Komunitas di Banda Aceh Kutip Sampah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 52 komunitas di Banda Aceh akan melakukan gerakan Banda Aceh bersih di kawasan Darussalam dan Alue Naga. Aksi itu dilakukan tepat pada Hari Peduli Sampah Nasional, pada Minggu (21/02/2016) besok.

Baca juga: Sumberpost TV – 699 Kilogram Sampah Dikumpulkan di Banda Aceh

Aksi tersebut dilakukan serentak diseluruh wilayah di Indonesia. Disebutkan Koordinator gerakan Banda Aceh bersih, Fauca K. Ramadhan, sebanyak 800 komunitas diseluruh Indonesia terlibat aksi ini.

Fauca mengatakan, sekitar 500 orang dari 52 komunitas Banda Aceh akan memungut sampah berupa botol kaca, botol plastik, kaleng, puntung rokok, sterofom, tisu, kertas, dan kardus. Tujuannya, agar Indonesia bebas dari sampah pada 2020 mendatang.

Baca juga:

54 Komunitas Deklarasi Banda Aceh Bersih

Kurangi Sampah, Banda Aceh Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Usai memungut sampah di kawasan Darussalam dan Alue Naga, direncanakan akan dilakukan deklarasi 52 komunitas yang berpartisipasi dalam aksi bebas sampah tersebut oleh Wali Kota Banda Aceh di Hutan Kota, Tibang, Banda Aceh.

“Dengan adanya gerakan ini, kita melihat, di Aceh sendiri komunitas memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan. Dan alhamdulillah pemerintah mendukung aksi ini,” kata Fauca di Banda Aceh, Sabtu (20/02/2016).

Fauca mengatakan, kegiatan tersebut sudah direncanakan sejak Januari 2016 lalu setelah menerima email dari komunitas di pusat mengenai ajakan untuk berpartisipasi dalam aksi bebas sampah nasional.

“Jadi sebenarnya komunitas ini bergerak untuk Banda Aceh bebas sampah,” tutur Fauca. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai