54 Komunitas Deklarasi Banda Aceh Bersih

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 54 komunitas di Banda Aceh yang turut berpartisipasi dalam aksi Indonesia Bebas Sampah pada Minggu (21/02/2016) mendeklarasikan gerakan Banda Aceh bersih 2020. Gerakan ini merupakan bagian dari kampanye nasional Indonesia Bebas Sampah 2020.

Deklarasi Indonesia Bebas Sampah 2020 dilakukan di Hutan Kota, Tibang, Banda Aceh, sekira pukul 11.00 WIB. Perwakilan dari setiap komunitas bersama-sama membacakan deklarasi yang dipimpin Asrul Sidiq. Deklarasi ini dilakukan serentak diseluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Sumberpost TV – 699 Kilogram Sampah Dikumpulkan di Banda Aceh

Dalam deklarasi itu komunitas, menyatakan komitmen untuk aktif berperan dalam kegiatan pengelolaan sampah yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Usai deklarasi, Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal menyatakan apresiasi kepada komunitas yang terlibat dalam aksi bebas sampah. Menurutnya, anak muda di Banda Aceh sangat peduli dengan lingkungan.

“Kita hari ini bersih-bersih sampah, baik yang di kota maupun pinggiran pantai, juga deklarasi Banda Aceh bersih pada 2020 bersama dengan komunitas di Banda Aceh,” kata Illiza.

Baca juga:

Kurangi Sampah, Banda Aceh Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Besok, 52 Komunitas di Banda Aceh Kutip Sampah

Dikatakan Illiza, Kota Banda Aceh akan bebas dari sampah pada 2020 mendatang jika masyarakat sadar akan lingkungan bersih. “Saya yakin Banda Aceh bebas sampah kalau melihat antusias dari masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya pada Minggu pagi, ratusan peserta aksi bebas sampah dari 54 komunitas di Banda Aceh mengutip sampah dikawasan Darussalam dan Alue Naga. Dari aksi itu, berhasil dikumpulkan sebanyak 699 kilogram sampah dari dua kawasan tersebut. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai