Masyarakat Salat Gerhana di Darussalam

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ratusan masyarakat melakukan salat gerhana di Mesjid Jami’ Darussalam, Banda Aceh, Rabu (9/3/2016) pagi. Salat gerhana yang imami oleh Agusni Yahya itu diikuti orang dewasa hingga anak-anak.

Khatib pelaksanaan salat kusuf pagi tadi, Samsul Bahri mengatakan, dari sudut pandang Islam, gerhana matahari merupakan salah satu tanda kiamat semakin dekat. Ia juga mengatakan, Rasulullah merasa takut dan khawatir akan gerhana dan segera mengajak umat Islam untuk salat di masjid.

“Dari ‘Aisyah r.a, Nabi SAW bersabda, ‘Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah,” kata Samsul mengutip hadis riwayat Bukhari.

Sesuai hadis tersebut, sudah sepantasnya umat Islam melaksanakan salat kusuf, ujar Samsul. Usai salat berjamaah, puluhan masyarakat terlihat beristirahat di halaman masjid sembari menunggu peristiwa gerhana usai.

Magang: Maulidar Agustina

Mungkin Anda Menyukai