Mahasiswa Kelahiran 1929 Raih Gelar Doktor

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak delapan mahasiswa program doktor (S3) UIN Ar-Raniry bakal melakukan proses wisuda pada Senin (21/3/2016) mendatang di Auditorium Ali Hasjmy kampus setempat.

Dari kedelapan mahasiswa S3 kampus tersebut, terdapat seorang mahasiswa kelahiran 1929. Ialah Mahmud Ibrahim, lahir di Bebesen, Takengon, 23 Juni 86 tahun silam. Meski sudah lanjut usia, Mahmud tetap melanjutkan pendidikan hingga mendapat gelar doktor.

Dari data yang diperoleh sumberpost.com melalui Humas UIN Ar-Raniry, Mahmud mengambil konsentrasi Fiqh Modern/Hukum Islam dan lulus dengan IPK 3,43 atau yudisium sangat baik. Dalam disertasinya, Mahmud mengambil judul Konsep Pelestarian Hutan Menurut Hukum Islam dan Kaitannya Dengan Masyarakat Hukum Adat Gayo.

Saat ini Mahmud tercatat sebagai Kepala Baitul Mal Aceh Tengah dan anggota MPU Aceh.

Mahasiswa doktor lainnya yang akan mengikuti wisuda ialah Murni, mahasiswa S3 konsentrasi Kependidikan Islam. Mahasiswa kelahiran 1982 ini lulus dengan IPK 3,40 dengan judul disertasi Konsep Ma’rifatullah Menurut Al-Ghazali (Suatu Kajian Tentang Implementasi Nilai-Nilai Al-Akhlak Al-Karimah).

Selain itu, Nurmasyithah Syamaun, mahasiswa kelahiran 1957 yang mengambil konsentrasi Pendidikan Agama Islam. Ia lulus dengan IPK 3,47 serta judul disertasi Faktor-faktor korelasional Al-Qudrah Al-Istijwabiyah (karakter reflektif) Dengan Maharat Al-Kalam Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada PTAIN di Aceh.

Kemudian Jailani, mahasiswa kelahiran Sigli, 10 April 1972 ini mengambil konsentrasi Fiqh Modern dengan IPK 3,34. Ia lulus dengan judul disertasi Taqnin Hukum Pidana Islam.

Mohammad Irham, mahasiswa konsentrasi Fiqh Modern kelahiran 1977 ini lulus dengan IPK 3,36 dan judul disertasi Pelaksanaan Kebijakan Pariwisata Pemerintah Kota Sabang Dalam Perspektif Syariat Islam.

Selanjutnya Muhammad Rum, lulus dengan IPK 3,16 dengan judul disertasi Pengangkatan Dan Pember-hentian Kepala Negara Menurut Al-Mawardi Dalam Kitab Al-Ahkam Al-Shulthaniyyah Dan Ibn. Taimiyah Dalam Kitab Al-Siyasah Al-Syar’iyyah. Mahasiswa kelahiran 1977 ini mengambil konsentrasi Fiqh Modern.

Selain itu Murdani, mahasiswa Aceh Besar, 16 Mei 1984 ini mengambil konsentrasi Kependidikan Islam dengan judul disertasi Implementasi Pembelajaran Demokratis Studi Tentang Pembelajaran SKI Pada Madrasah Tsanawiyah Di Aceh. Ia lulus dengan IPK 3,47.

Terakhir, Salman. Mahasiswa Tanjung Pura, 12 Februari 1978 ini mengambil konsentrasi Kependidikan Islamdengan IPK 3,49. Ia mengambil judul disertasi Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Pada Dayah Tahfiz Al-Qur’an Al-‘Athiyah Aceh Besar. []

Abd Hadi F