Alumni PPAN Bagi Pengalaman Kepada Mahasiswa

Sumberpost.com | Banda Aceh – Alumni program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang tergabung dalam Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Aceh melakukan roadshow di Museum Safwan Idris UIN Ar-Raniry, Sabtu (19/3/2016). Kegiatan itu diselenggarakan oleh English Departement Student Association UIN Ar-Raniry.

Dalam roadshow tersebut, alumni PPAN asal Aceh berbagi pengalaman dengan puluhan mahasiswa yang menjadi peserta roadshow. Hidayatullah Azizi misalnya, ia lulus program SSEAYP dengan negara tujuan Jepang-ASEAN.

“Di program ini, selama 52 hari kita mengunjungi beberapa negara dengan kapal pesiar,” kata Azizi. Menariknya, kata Azizi, disetiap negara yang dikunjungi terdapat orang tua angkat bagi setiap peserta PPAN.

Selain itu, Nurul Husna, alumni program AIYEP dengan negara tujuan Australia menuturkan, menjadi lebih banyak mengenal budaya Autralia saat mengikuti program tersebut. Di Australia, ujarnya, ia seminggu sekali menampilkan budaya Indonesia di sana.

“Jadi program ini tujuannya supaya tidak ada kesalahpahaman terhadap isu yang ada di kedua negara,” ujar Nurul.

Sedangkan Miftahul Jannah menyebutkan, hal menarik dari program PPAN saat ia tinggal bersama orang tua angkat. Dari orang tua angkat di negara lain ia belajar memahami budaya. Ia sendiri lulusan program IMYEP dengan negara tujuan Malaysia.

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai