Ini Sanksi Jika Tidak Ikut Program Ma’had Hingga Semester Lima

Sumberpost.com | Banda Aceh – Setiap mahasiswa baru UIN Ar-Raniry wajib mengikuti program Ma’had al Jamiah. Rektor UIN Ar-Raniry, Farid Wajdi Ibrahim menyatakan, mahasiswa yang tidak mengikuti program ma’had hingga semester lima, proses perkuliahan akan dihentikan.

“Jika dalam lima semester belum juga mendaftar asrama, maka KTM akan kami tarik dan proses perkuliahan mahasiswa tersebut kami hentikan,” kata Farid pada kegiatan Orientation Day di musala Kompas UIN Ar-Raniry, Senin (21/3/2016) malam.

Dalam kegiatan itu, Rektor Farid berbicara dihadapan ratusan mahasantri program Ma’had al Jamiah tahun ajaran 2015/2016 semester genap. Mahasantri gelombang ini direncanakan mulai aktif belajar pada 28 Maret 2016 dan diwisudakan pada 13 Agustus 2016.

Farid mengatakan, mahasantri yang mendaftar program ma’had al semester genap ini, 40 persen mahasiswa berasal dari dayah atau pesantren, selebihnya ialah lulusan pendidikan umum seperti Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan.

Mahasiswa baru UIN Ar-Raniry diwajibkan mengikuti program asrama, agar terbentuk karakter islami pada setiap lulusan kampus tersebut. Lulusan UIN Ar-Raniry, diharapkan mampu membaca alquran dengan baik serta bisa aktif berkomunikasi menggunakan bahasa inggris maupun bahasa arab. []

Magang : Sara Masroni