Renungan Satu Dekade Sumberpost

Kehadiran Sumberpost pada 10 tahun silam, tepatnya 21 Maret 2006, menjadi kabar gembira bagi mereka yang memiliki jiwa berkarya di dunia jurnalistik dan menulis. Usaha dalam mendirikan Sumberpost hingga menjadi salah satu media yang dikenal di Aceh saat ini bukanlah hal mudah.

Satu dekade Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost telah banyak menuai cerita, perjalanan, dan kisah. Pahit manis dan getirnya perjuangan telah dirasakan semua pihak yang terlibat dalam badan lembaga ini sejak berdiri hingga hari ini.

Keberanian Sumberpost dalam mengangkat berbagai isu dan polemik yang terjadi bukanlah mencari sensasi semata. Tetapi upaya tulus untuk mengungkap kebenaran dan meminimalisir berbagai kecurangan yang ada. Sesuatu yang dianggap tabu, dikupas secara mendalam. Ketika ketidakadilan yang dilihat harus dihentikan, maka Sumberpost berperan dalam hal itu.

Sumberpost sebagai media, juga merupakan garda terdepan dalam mempromosikan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry kepada masyarakat luas. Semua mata dapat melihat dan menyaksikan, mulai dari berbagai kegiatan hingga kondisi yang terjadi setiap harinya di kampus Ar-Raniry melalui jaringan cyber-nya www.sumberpost.com.

Kendati hari ini masih ada yang belum mengenal Sumberpost dari kalangan mahasiswa UIN Ar-Raniry sendiri, khususnya mahasiswa baru. Melalui website sumberpost, informasi seperti beasiswa, sistem akademik, hingga kondisi dan situasi UIN Ar-Raniry kerap disiarkan.

Hari kita ini cukup bersyukur. Teknologi telah memudahkan kita. Media Sumberpost dapat diakses dengan mudah setiap harinya, kapanpun dan dimanapun. Namun, kesadaran kita untuk mengetahui berbagai informasi, masih tergolong rendah.

Seperti berita yang dimuat oleh Sumberpost pada 22 Maret 2016 tentang apa pentingnya masuk asrama dan konsekuensi bagi mahasiswa yang tidak masuk. Ini semua perlu diketahui oleh seluruh mahasiswa.

Di usia yang ke 10, Sumberpost berusaha untuk bekerja lebih keras lagi, berbuat lebih banyak lagi, dan bertindak lebih sigap lagi. Semua dikerahkan, baik pikiran, tenaga, dan waktu, untuk memberikan sumbangan karya terbaik yang memiliki nilai manfaat kepada semua.

Dengan tag line “Independen dan Jujur” Sumberpost senantiasa selalu menjaga dan teguh pada pendirian untuk tidak terpengaruh dari berbagai goyangan dan goncangan dari luar, apalagi pengaruh yang berbau politik dan uang.

Semoga kedepan Sumberpost tetap menjadi media yang terpercaya, kredibel, independen, dan jujur serta mampu berjejer bersama media-media lain di Aceh dan menjaga nilai-nilai yang dapat membangun perubahan kedepan. Selamat ulang tahun Sumberpost. 21 Maret 2006 – 21 Maret 2016.

Ditulis oleh Sara Masroni, anggota magang UKPM Sumberpost. Tulisan ini dibuat dalam rangka satu dekade UKPM Sumberpost.

Mungkin Anda Menyukai