For-PASS Ajak Seluruh Masyarakat Bangun Aceh Singkil

Sumberpost.com | Banda Aceh – Forum Pemuda Aceh Singkil Serantau (For-PASS) mengajak seluruh elemen masyarakat baik dari kalangan pemuda, mahasiswa, pemerintah, pengusaha, akademisi, maupun politisi untuk bersama-sama dalam membangun Aceh Singkil.

Pasalnya, kabupaten itu kini merupakan satu-satunya kabupaten tertinggal di Aceh. Penetapan Aceh Singkil sebagai satu dari 122 Kabupaten tertinggal di Indonesia tersebut termaktub dalam Peraturan Presiden Nomor 131 Tahun 2015 tentang penetapan daerah tertinggal.

Berdasarkan Peraturan Presiden tersebut ada 6 indikator utama yang dijadikan ukuran suatu daerah dikatakan tertinggal yakni perekonomian masyarakat, sumber daya manusia, infrastruktur publik, aksesibilitas, celah fiskal, dan karakteristik daerah. Keenam indikator tersebut hendaknya menjadi perhatian khusus untuk membangun Aceh Singkil secara terintegrasi.

Menurut For-PASS, jika ditinjau lebih jauh, Kabupaten Aceh Singkil secara geografis juga merupakan kawasan strategis nasional, dikarenakan adanya wilayah di Aceh Singkil yang termasuk pulau terluar yang bisa dijadikan sebagai pendorong pembangunan Aceh Singkil agar terbebas dari ketertinggalan.

“Di sektor perekonomian masyarakat, potensi unggulan seperti perkebunan dan kelautan harusnya dikelola dengan baik sehingga mengurangi pengangguran dan menekan tingkat kemiskinan. Misalkan dengan upaya penguatan sentra produksi perkebunan berbasis komoditi unggulan,” kata Koordinator For-PASS, Syafriadi dalam rilis yang diterima sumberpost.com.

Selain itu, disektor perikanan, potensi laut Aceh Singkil dapat dijadikan kekuatan untuk membangunan ekonomi masyarakat. Menurut For-PASS, pemerintah tinggal membina dan memberdayakan masyarakat untuk mengelola. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai