Yelli Sustarina, Penulis Muda Asal Aceh Selatan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Komunitas Menulis Colorful Kota Naga (CKN) Aceh Selatan mengadakan Diskusi Gathering Prabeda Buku yang ditulis oleh penulis muda Aceh Selatan, Yelli Sustarina, di Aula Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UIN Ar-Raniry, Sabtu (9/4/2016).

Penulis muda yang masih berstatus mahasiswa profesi nears, semester III Ilmu Keperawatan Unsyiah, Yelli Sustarina mengatakan, inisiatif menulis buku tersebut lahir dari keresahan melihat tidak adanya lagi penulis sejarah Aceh, terutama dikalangan penulis muda.

“Kelalaian generasi muda terhadap nilai-nilai kebudayaan Aceh dan upaya mengadopsi budaya-budaya luar, membuat saya termotivasi untuk kembali mengangkat kearifan local, melalui tulisan,” kata Yelli, penulis buku Catatan Pengrajin Kasab dan Asal Mula Bahasa Aneuk Jamee di Kota Naga Aceh Selatan.

Acara prabeda buku ini juga dihadiri oleh penulis-penulis senior, diantaranya Muhammad Umar (Emtas), Essi Hermaliza, dan Herman, RN seorang sastrawan Aceh.

Yelli menyatakan, ia sama sekali tidak memiliki latar belakang sebagai penulis buku sejarah. Semua dipelajarinya secara outodidak. Kritikan terhadap bukunya dari narasumber bedah buku merupakan bagian yang cukup membantu dan membangun dalam penerbitan karyanya tersebut.

Ketua komunitas Menulis Colorful Kota Naga (CKN) Aceh Selatan, Denni Taufiqurrahman mengatakan, acara ini diadakan untuk memotivasi penulis-penulis muda Aceh Selatan untuk terus berkarya melalui tulisan dalam upaya mengenalkan budaya daerah.[]

Magang : Sara Masroni