Komunitas Ingin Jadikan Banda Aceh Kota Kreatif

Sumberpost.com | Banda Aceh – Komunitas di Banda Aceh akan berkolaborasi menyelenggarakan Festival Kota Kita pada 7-8 Mei 2016 di Ruang Terbuka Hijau Gampong Lambung, Ulee Lheu, Banda Aceh. Dalam festival ini, terdapat empat cluster, yaitu Cluster Creative City, Green City, Culture and Heritage City, dan Youth and Social.

Anggota Ikatan Ahli Perencana (IAP) Provinsi Aceh, Issana Burhan mengatakan, saat ini komunitas-komunitas sudah bergerak untuk membangun kota, maka pemerintah harus memberi dukungan penuh.

“Karena, indikator dari pemerintah akan sangat berpengaruh, terutama dalam hal pengadaan fasilitas,” kata Issana saat talkshow di Radio Rumoh PMI, Jumat (15/4/2016).

Menurutnya, kota kreatif bertujuan untuk memudahkan masyarakat. Jadi harus ada kreasi untuk layanan perkotaan. Konsep dari creative city, kata Issana, sebenarnya mengintegrasikan informasi, komunikasi, dan teknologi untuk layanan perkotaan atau layanan publik.

Issana berujar, dalam creative city ada inovasi-inovasi di kota yang dilakukan oleh masyarakatnya sendiri. Untuk memaksimalkan layanan publik, masyarkat harus turut serta dalam pembangunan kota dengan menjadi kreatif. Menurutnya, akan sulit menjadi kota kreatif jika hanya berharap pada pemerintah.

Kota kreatif secara resmi dikeluarkan oleh UNESCO yang mempunyai indikator-indikator kota kreatif. Di Indonesia ada beberapa kota kreatif, seperti Solo, Yogyakarta, Bandung, dan Pekalongan.

“Kalau kita ingin menjadi kota kreatif yang seseungguhnya, sekarang komunitas-komunitas sudah bergerak untuk hal tersebut. Tapi, tentu harus didukung juga oleh pemerintah, karena indikator-indikatornya itu salah satunya adalah pemerintah memfasilitasi kreatifitas masyarakat, seperti pameran,” tutur Issana yang juga tergabung dalam komunitas Polyglot Indonesia Regional Aceh.

Dikatakan Issana, kota kreatif sangat mementingkan ekonomi dan dinamika budaya. Kota kreatif juga dinilai berdasarkan kontribusi dibidang kreatif, terhadap pembangunan ekonomi dan lapangan kerja kota. []

Rismayanti