Adiwarman Sebut Prinsip Investasi Sama dengan Hidup

Sumberpost.com | Banda Aceh – Adiwarman A.Karim dalam roadshow Sekolah Pasar Modal Syariah dengan tema Memiliki Perusahaan Bukan Sekedar Impian pada Sabtu (16/4/2016), mengatakan, berinvestasi sama dengan hidup.

Dikatakan Adiwarman, prinsip utama dalam investasi ialah everything goes up, will go down and everything goes down, will go up. Maksudnya, setiap yang diatas pasti akan dibawah dan setiap yang dibawah pasti akan ke atas.

“Bukankah hal ini sama dengan prinsip kehidupan? Dimana ada saat-saatnya seseorang itu akan berada diatas. Maka dari itu, apabila kita sedang berada diatas jangan sombong dan tetap bersyukur. Sebaliknya apabila kita sedang berada dibawah, jangan merasa putus asa, pasti ada saatnya kita akan ke atas,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, setiap investasi pasti akan ada untung dan rugi. Jika seorang investor berani untung, maka ia juga harus berani rugi. Tetapi apabila seorang investor hati-hati dan memiliki ilmu yang cukup untuk memanajemen resiko, maka akan sukses dalam berinvestasi.

“Investasi awal tidak perlu banyak dan terburu-buru. Mulailah sedikit demi sedikit dan tetap istiqamah,” katanya di Aula Anjong Moun Mata Pendopo Gubernur, Banda Aceh.

Adiwarman A.Karim adalah seorang akademisi dan praktisi ekonomi syariah. Saat ini ia dipercaya menjadi anggota Dewan Syariah Nasional MUI (DSN-MUI) dan dewan pengawas sejumlah lembaga perbankan syariah.

Ia juga aktif menulis, memberi pelatihan, seminar, dan menjadi dosen tamu diberbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Ia juga telah menerbitkan beberapa buku, diantaranya yaitu Ekonomi Mikro Islam dan Ekonomi Islam.

Roadshow Sekolah Pasar Modal Syariah ini diikuti ratusan mahasiswa di Banda Aceh. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh. []

Magang: Maulidar Agustina

Mungkin Anda Menyukai