Nasir Djamil: GBHN Harus Dihidupkan Kembali

Sumberpost.com | Banda Aceh – Anggota Komisi III DPR-Ri, M. Nasir Djamil dalam Rapat Dengar Pendapat dengan tema “Reformulasi Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Dengan Model GBHN” pada Kamis (21/4/2016) menyebutkan, GBHN sangat penting dan menjadi peta jalan pembangunan nasional bagi seluruh komponen bangsa.

“GBHN harus dihidupkan kembali dengan alasan untuk mewujudkan kesatuan sistem perencanaan pembangunan nasional yang berkesinambungan dan terintegrasi, dengan sistem perencanaan pembangunan daerah” tuturnya di Aula PDPK Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah.

Nasir mengatakan, pemberlakuan GBHN paling tidak sudah diterapkan pada masa pemerintahan orde lama dan orde baru. Namun karena terkait pada persoalan sinkronisasi antar program serta anggaran sulit terjadi, maka GBHN perlu dihidupkan dan direformulasi.

Ratusan mahasiswa dari strata 1 dan strata 2 hadir dalam rapat dengar pendapat ini. Panitia penyelenggara kegiatan, Haikal Saputra menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan program kerja MPR-RI yang bertujuan untuk mendengar aspirasi dari masyarakat tentang reformulasi sisem GBHN agar perencanaan pembangunan nasional menjadi lebih baik .

Kegiatan ini diselenggarakan oleh HIMADIPA (Himpunan mahasiswa Ekonomi Pembangunan) dan iESA (Islamic Economic Student Association) bekerjasama langsung dengan MPR-RI. []

Magang: Maulidar Agustina