Sosialisasi Festival Kota Kita Melalui Flash Mob Pinguin

Sumberpost.com | Banda Aceh – Lintas komunitas di Banda Aceh yang berkolaborasi mengadakan Festival Kota Kita pada 7-8 Mei 2016 nanti, menyelenggarakan sosialisasi festival tersebut dengan cara beda, yaitu dengan mengajak masyarakat ikut Flash Mob Pinguin di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Disela-sela flash mob, panitia mensosialisasikan Festival Kota Kita melalui pengeras suara, stiker, dan brosur yang dibagikan ke masyarakat. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, hingga mahasiswa internasional ikut Flash Mob Pinguin pada Sabtu (30/4/2016) itu.

“Ini bagian dari promosi kegiatan (Festival Kota Kita). Jadi kita buat promosinya dalam bentuk yang unik, salah satunya flash mob,” kata Penanggung jawab kegiatan, Nanda Satria usai flash mob.

Usai goyang pinguin, peserta kegiatan melakukan foto bersama, diantaranya dengan menggunakan umbul-umbul bertuliskan HUT Kota Banda Aceh ke 811. Festival Kota Kita sendiri, akan digelar pada 7-8 Mei 2016 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Lambung, Meuraxa, dengan melibatkan lebih dari 70 komunitas di Banda Aceh.

Tempat pergelaran acara dipilih di RTH Lambung, sekaligus untuk mengenalkan lapangan RTH tersebut kepada masyarakat luas. “Ruang Terbuka Hijau itu, salah satu ruang publik bagi orang untuk berkumpul bersama dan beraktivitas. Kalau tidak dilakukan aktivitas, nantinya kita takutkan akan dibangun bangunan sehingga terus mengurangi ruang terbuka,” ujar Nanda.

Mahasiswa Korea Ikut Nari

Sementara itu, mahasiswa dari Jeju National University, Korea Selatan, juga ikut meramaikan Flash Mob Pinguin di Lapangan Blang Padang. Mereka menggunakan kaos hitam hari itu. Usai bergoyang dalam flash mob, mahasiswa dari Korea menampilkan beberapa tari tradisional Korea.

Mahasiswa internasional ini kelihatan tidak canggung saat tampil dikelilingi warga Banda Aceh, mereka menampilkan tarian kipas atau disebut buchaechum, dan samulnori. Selain itu, mereka juga menampilkan lipsing lagu pupoler di Korea. Salah satu dari mahasiswa internasional ini juga tampil solo dengan biola.

“Kami fun dan sangat suka dengan reaksi masyarakat Aceh,” ujar Michael Yoon, salah satu mahasiswa Korea usai menari.

Dikatakan Michael, mereka akan di Banda Aceh selama 10 hari dan akan pulang pada Kamis, 5 Mei 2016. []

Magang: Husna, AHF