Pelajar Pukau Penonton Pada Malam Puncak HUT Banda Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Tiga belas santri dari Sanggar Pesantren Al Manar berhasil memukau penonton melalui tarian tradisional Aceh, rapai geleng, yang ditampilkan pada malam puncak HUT Kota Banda Aceh ke 811, di AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Senin (9/5/2016) malam.

Memakai baju merah, kuning, dan biru, gerakan para santri terlihat cepat dan lincah mengikuti lirik dua syeh muda, yaitu Dek Jal Arbi dan Saklis Ilham Nusa. Mereka beberapa kali membuat penonton bertepuk tangan dan kagum dengan gerakan cepat dari tari rapai geleng. Debuhan rapai juga terdengar keras dan berdentum.

Diantara sebelas penari dari Sanggar Pesantren Al Manar tadi, tiga diantaranya sedang menuntut ilmu di Madrasah Aliyah, sedangkan tujuh lainnya di Madrasah Tsanawiyah. Sementara dua Syeh, Saklis Ilham Nusa sedang menuntut ilmu di Madrasah Aliyah dan Dek Jal Arbi kuliah di ISBI Aceh.

“Yang kami tampilkan tadi tarian rapai geleng, tapi lebih ke arah modern. Kami kreasikan, tapi nggak jauh dari konteks tradisi Aceh,” kata Dek Jal Arbi usai penampilan kepada sumberpost.com.

Tampil di malam pucak HUT Kota Banda Aceh ke 811, para santri ini ditonton langsung oleh masyarakat luar Aceh yang sedang menghadiri kegiatan Jaringan Kota Pusaka Indonesia, salah satunya dari Solo. Kendati demikian, penari yang masih pelajar ini tak kelihatan gugup.

“Sebelum tampil kami merasa sedikit gugup karena ditonton banyak orang. Tapi penampilan tadi itu sangat memuaskan,” ucap Dek Jal Arbi.

Ia mengaku, sudah mempersiapkan penampilan rapai geleng selama sepuluh hari. Sanggar Pesantren Al Manar tersebut dibina oleh Sanggar Raja Timoeh yang dibangun oleh sekumpulan pemuda pecinta seni di Banda Aceh dan Aceh Besar. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai