BPS Aceh Jalin Kerja Sama dengan Tiga Universitas di Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh menjalin kerja sama dengan tiga perguruan tinggi di Aceh, yaitu UIN Ar-Raniry, Unsyiah, dan Universitas Abulyatama Aceh.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama dengan tiga universitas tersebut, pada Kamis (12/5/2016) malam di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

Kepala BPS Aceh Hermanto usai melakukan penandatangan MoU mengatakan, kerja sama dengan perguruan tinggi dilakukan dalam rangka menjadi partnership terhadap validasi data.

“Hal tersebut sangat baik dilakukan bersama dengan para akademisi, selama ini pemahaman data masing sangat kurang baik bagi akademisi maupun masyarakat secara umum,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Hermanto, kerja sama ini diharapkan kepada para dosen dan mahasiswa serta seluruh akademisi agar mampu memahami dan mengerti untuk memaknai data BPS.

Ia juga berharap, perguruan tinggi mampu memberi masukan kepada BPS untuk memperoleh data yang lebih baik dan sempurna dimasa akan datang.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Kerja Sama UIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal mengatakan, pihak UIN Ar-Raniry sangat apresiatif dari inisiasi BPS Aceh yang telah menyertakan para akademisi untuk berpartisipasi dalam perstatistikan.

“Bagaimana pun rekomendasi kebijakan apapun kalau yang bersumber dari data yang ditangani oleh para ahli dan pakar, tentu akan punya nuansa yang berbeda,” ujarnya.

Lebih lanjut Syamsul menyebutkan, BPS Aceh dan UIN Ar-Raniry melakukan kerja sama antara lain dalam ruang lingkup pengembangan ilmu pengetahuan dibidang statistik, pertukaran informasi, akses data statistik, publikasi penelitian dan penyebarluasan informasi.

Selain itu tambah Syamsul Rijal, kerja sama tersebut untuk mendukung dan mendorong pelaksanaan kegiatan perstatistikan, melaksanakan pengabdian masyarakat, narasumber dalam berbagai kegiatan ilmiah dan pengembangan ilmu pengetahuan bidang statistik. [Rilis]