Mahasiswa KPM UIN Gelar Festival Anak Shaleh

Sumberpost.com | Aceh Besar – Tingkatkan semangat anak dalam mempelajari Islam, sejumlah mahasiswa UIN Ar-Raniry menggelar Festival Anak Shaleh di Gampong Peukan Seulimum, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar, Sabtu (14/5/2016).

Perlombaan yang diadakan di Gampong tersebut mencakup pidato, azan, hafalan surat pendek, menggambar serta mewarnai. Disamping itu, adu kemampuan agama ini turut diikuti oleh puluhan anak berbagai usia yang berada di gampong setempat.

Ketua panitia acara, Zainuddin mengatakan, festival ini menjadi salah satu pendorong semangat anak agar lebih berminat dalam mempelajari Islam. Selain itu pihaknya juga mengadakan kegiatan tersebut dalam rangka Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

“Ini menjadi salah satu bagian dari program yang sedang kami jalani, yaitu Kuliah Pengabdian Masyarakat berbasis Participatory Action Reserch (KPM-PAR) 2016,” ungkapnya.

Zainuddin menambahkan, aneka lomba ini berlangsung selama dua hari, terhitung 14 hingga 15 Mei 2016. Meski begitu lanjutnya, pihak mahasiswa tetap melaksanakan berbagai program pengabdian lainnya di masyarakat selama 45 hari, sejak 11 April hingga 25 Mei mendatang, sesuai dengan instruksi kampus.

Sementara itu, Keuchik Gampong Peukan Seulimum, Marwan mengapresiasi oleh mahasiswa KPM PAR di gampongnya. Menurut Marwan, kegiatan seperti ini cukup penting untuk menumbuhkan minat mempelajari Islam.

“Kami sangat berterimakasih atas kegiatan gampong yang dilaksanakan oleh mahasiswa KPM dari UIN Ar-Raniry. Semoga ini bisa merangsang anak-anak. Karena mereka bisa berpacu dengan sesamanya dalam mendalami agama,” ujar Keuchik Marwan.

Rayful Mudassir