Media Punya Peran Beritakan Mitigasi

Sumberpost.com | Banda Aceh – Direktur Galeri Foto Jurnalistik Antara Jakarta, Oscar Motuloh mengatakan, media massa punya peran penting dalam beritakan mitigasi bencana. Terlebih di daerah rawan bencana, media harus memberi edukasi tentang mitigasi kepada masyarakat.

Ia kemudian mencontohkan media massa di Jepang dan Indonesia dalam beritakan bencana. Ketika bencana terjadi, media di Jepang berkonsentrasi untuk segera membangun negara setelah bencana, dengan menampilkan foto tentang pengobatan korban, penyelamatan korban, dan evakuasi.

“Ada peraturan nggak tertulis bagi media untuk siarkan berita tentang membangun Jepang. Jadi mereka semua, militer, para medis, wartawan, berperan membangun Jepang dari bencana,” kata Oscar dalam pelatihan foto tentang kebencanaan di Media Center Kodam IM, Banda Aceh, Sabtu (28/5/2016).

Sementara media Indonesia, ketika bencana terjadi kerap memberitakan tentang kerusakan dan korban. Sementara berita mitigasi biasa gencar diinformasikan selama dua bulan setelah bencana saja.

Selain itu, di Indonesia, tutur Oscar, ada warga yang menjadikan tempat bencana seperti tempat wisata. “Pada 2010, orang konvoi dan melihat kerusakan, kemudian selfie di tempat paling hancur. Kita bisa lihat di sini, di mana solidaritas kita pada korban,” kata Oscar.

Menurutnya, foto tentang kerusakan bencana dikirim wartawan pada hari kesatu dan kedua saja, di hari ketiga kirim foto tentang pengobatan, kemudian evakuasi dan pertolongan.

“Apakah wajar kita terlalu mengeksploitasi kebenaran?” Katanya kepada peserta pelatihan.

Ia juga mengatakan, kekuatan gambar pada sebuah peristiwa lebih kuat daripada kata-kata. Melalui foto, masyarakat bisa melihat seberapa dahsyat sebuah bencana. Bantuan cepat yang mengalir ke Aceh pasca tsunami 2004 silam, kata Oscar, juga tidak lepas dari peran foto.

“Tanpa bantuan foto tentang tsunami waktu itu, nggak mungkin bantuan akan cepat terkumpul,” ujarnya. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai