Rektor Lantik Dewan Pengurus Pusat Koniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Rektor UIN Ar-Raniry, Farid Wajdi Ibrahim, Senin Malam (30/5/2016), melantik Dewan Pengurus Pusat Korp Alumni UIN Ar-Raniry (DPP Koniry) periode 2016-2021.

Pelantikan yang berlangsung di Auditorium Ali Hasjmy tersebut dihadiri Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda, SKPA, ketua Ormas dan OKP serta para alumni kampus tersebut.

Rektor UIN Ar-Raniry, Farid Wajdi Ibrahim mengatakan, keberadaan alumni UIN Ar-Raniry telah banyak terlibat dalam pembangunan bangsa ini, baik secara langsung maupun secara tidak langsung bersama masyarakat.

“Para alumni UIN Ar-Raniry ini, begitu lulus menjadi sarjana dan dikembalikan kepada orang tua dan masyarakat masing-masing, mereka terus bekerja dan mengabdi terutama untuk penguatan diri sendiri dan kepada masyarakat di sekitar, itu tidak pernah berhenti dan mereka terus berbuat,” ujarnya.

Rektor menambahkan, selama menjadi mahasiswa dan menimba ilmu di UIN Ar-Raniry mereka telah dibina aqidah dan akhlaknya selama beberapa bulan di Ma’had Jami’ah (Asrama) UIN Ar-Raniry.

“Masih banyak yang akan kita capai nantinya tentu bukan untuk kepentingan orang tertentu, keberhasilannya nanti akan dipersembahkan kepada masyarakat. UIN Ar-Raniry merupakan amanah untuk mendidik anak masyarakat Aceh dan generasi bangsa,” katanya.

Dia berpesan kepada pengurus Koniry yang baru dilantik untuk terus membantu pengembangan pendidikan di kampus Ar-Raniry, serta berbuat untuk membantu masyarakat.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Koniry Azhari menyebutkan, hingga saat ini jumlah alumni kampus Ar-Raniry mencapai 29 ribu lebih, baik berasal dari dalam maupun luar negeri. Sekarang setiap tahunnya UIN Ar-Raniry mewisuda 1500 alumni, dan sedikitnya 200 orang dari luar negeri.

“Koniry ini merupakan sebuah wadah tempat berkumpulnya seluruh alumni UIN Ar-Raniry (sebelumnya IAIN Ar-Raniry) Banda Aceh, yang tentunya memiliki tujuan-tujuan terntentu terutama dalam rangka mendorong proses percepatan dari pada misi perguruan tinggi itu sendiri, terutama untuk memperkuat visi perguruan tinggi baik di segi penelitian dan pengabdian kepada msyarakat,” ujarnya.

Namun selama ini lanjut Azhari, DPP Koniry lebih konsentrasi pada pengabdiannya kepada masyarakat, diantaranya melakukan safari ramadhan, melakukan bakti sosial dalam rangka melakukan penyadaran dan pembinaan, meneruskan informasi kepada masyarakat terutama terkait dengan persoalan-persoalan moral, akhlak dan sebagainya. Koniry juga ikut membantu disaat terjadi bencana alam.

“Alumni saat ini telah banyak sekali yang tersebar diseluruh penjuru nusantara, kebanyakan para alumni UIN telah menjadi tokoh baik ditingkat gampong, kecamatan seperti KAU, ada juga yang telah menjadi politisi, pengusaha, juga banyak terlibat dipemerintahan, ini potensi untuk melakukan sebuah perubahan besar ke arah yang lebih baik,” ujar Dia. [Rilis]