Besok, Calon Mahasiswa UIN Ikuti UM-PTKIN

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 4431 calon mahasiswa UIN Ar-Raniry akan mengikuti seleksi melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun akademik 2016.

Ujian berlangsung pada Selasa dan Rabu (14-15/6/2016) mendatang yang dipusatkan dilingkungan kampus UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan serentak oleh 55 PTKIN di Indonesia, termasuk UIN Ar-Raniry.

“Tahun 2016 ini UIN Ar-Raniry merupakan peringkat pertama peminatnya untuk se-Sumatera dan berada pada peringkat ketiga secara nasional, ini merupakan kepercayaan masyarakat kepada UIN Ar-Raniry untuk mendidik generasi bangsa khususnya generasi muda Aceh,” ujar Rektor UIN Ar-Raniry, Farid Wajdi Ibrahim.

Farid menambahkan, UIN Ar-Raniry menerima calon mahasiswa melalui empat jalur, dua jalur yang telah dilaksanakan adalah jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi, jalur UMPTKIN akan berlangsung dan terakhir jalur PMB UIN Ar-Raniry.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Muhibutthabary mengatakan, pelaksanaan tes calon mahasiswa jalur UM-PTKIN pada hari pertama dimulai pada pukul 07.00 Wib dan hari kedua pukul 07.30 wib untuk peserta IPA, sedangkan peserta IPS pukul 08.45 wib.

“Peserta dipastikan hadir diruang tes 15 atau 20 menit sebelum ujian berlangsung dan bagi peserta yang telat lebih 30 menit maka tidak dibenarkan lagi mengikuti ujian, ini merupakan ketentuan yang ditetapkan secara nasional, untuk materi ujian adalah pada hari pertama dengan mata uji Potensi dan Academic Attitude, Kebahasaan, Keislaman, sedangkan pada hari ke dua diuji materi IPA dan IPS, dengan waktu 60 menit per/mata uji,” ujarnya.

Muhib mengingatkan kepada peserta UM-PTKIN untuk membawa syarat dan perlengkapan ujian seperti kartu ujian, identitas diri, ijazah atau surat keterangan lulus dan perlengkapan alat tulis. Calon peserta dapat melihat ruang ujian dan lokasi pelaksanaan ujian pada hari Senin (13/6/2016), sehari sebelum ujian berlangsung.

“Panitia telah mempersiapkan sejak jauh hari agar peserta dapat memastikan dengan baik bangku yang ditempel nomor ujian masing-masing peserta pada tempat dan lokasi yang ditentukan. Ruang dan lokasi dapat dilihat pada baliho yang ditempel di kampus UIN Ar-Raniry atau pada pengumuman di situs resmi (ar-raniry.ac.id).

Lebih lanjut kata Muhibbuthabary, bagi peserta yang kehilangan kartu ujian atau kekeliruan data dan foto dapat langsung menghubungi panitia bidang pendaftaran di ruang Pusat Komputer Gedung ICT Center UIN Ar-Raniry. Hasil akan diumumkan pada 18 Juli mendatang melaui situs resmi UM-PTKIN. [Rilis]