MaTA Gelar Lomba Blog Review Izin untuk Penataan Perizinan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) menggelar lomba blog untuk mendorong perbaikan tata kelola hutan dan lahan di Aceh. Tema lomba yang diusung adalah “Review Izin untuk Penataan Perizinan”.

Hal tersebut disampaikan Anggota Badan Pekerja MaTA, Baihaqi dalam acara Ngabuburit Bareng Blogger Aceh di Aula Muharram Jurnalism College Banda Aceh, beberapa waktu lalu. Izin, jelasnya, merupakan salah satu instrumen pengawasan dalam pemanfaatan sumber daya alam agar selaras dengan pertimbangan ekonomi, sosial dan lingkungan hidup yang telah tertuang dalam peraturan.

Menurutnya, melalui instrumen izin pemerintah dapat memastikan tingkat ketaatan pelaku usaha terhadap peraturan yang ada sebagai instrumen pengawasan, baik bagi pelaku usaha dalam menjalan kegiatan usahanya ataupun bagi pemerintah dalam mengeluarkan izin.

Buruknya wajah sistem perizinan bagi kegiatan usaha yang berbasis hutan dan lahan di Aceh, jelas Baihaqi, tampak dengan banyaknya izin yang dikeluarkan dan menegasikan pertimbangan daya dukung hutan dan lahan serta pengakuat masyarakat. “Hal ini kemudian berakibat pada ketimpangan ekonomi, kerusakan lingkungan hingga konflik sosial,” ujarnya dalam acara yang turut dipandu oleh Blogger Taufik Al Mubarak.

Oleh karenanya, sebut Baihaqi, review izin merupakan salah satu sarana untuk melihat ketaatan izin yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. “Review izin pada prinsipnya adalah pemeriksaan penerbitan izin berdasarkan hukum yang berlaku dan dapat juga disebut pemeriksaan legalitas izin.”

Berangkat dari hal tersebut, jelasnya, MaTA berinisiatif mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk para blogger untuk mendorong dilakukannya review izin terhadap perusahaan pemegang hak guna usaha sawit yang beroperasi di Aceh oleh pemerintah.

Lomba blog berhadiah total 9,5 juta ini terbuka untuk umum dimulai 11 Juni hingga batas terakhir pengiriman pada 25 Juli 2016. Sementara 15 tulisan terbaiknya akan dibukukan oleh MaTA. Untuk informasi detail terkait lomba blog ini dapat diakses di www.blog.mataaceh.org yang pengumuman pemenangnya akan dilakukan pada 1 Agustus. [Rilis]