Wisuda Dipercepat, Mahasiswa Semester Akhir Galau

Sumberpost.com | Banda Aceh – Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Ar-Raniry beberapa hari lalu mengeluarkan surat mengenai perubahan jadwal wisuda semester genap tahun akademik 2015/2016.

Dalam surat itu, disebutkan jadwal wisuda dipercepat dua bulan. Sebelumnya, wisuda semester genap tahun akademik 2015/2016 direncanakan digelar pada 4 Oktober 2016. Dengan keluarnya surat tersebut, jadwal wisuda semester genap tahun akademik 2015/2016 dipercepat menjadi 30 Agustus 2016.

Percepatan jadwal wisuda hingga dua bulan membuat mahasiswa akhir galau. Terlebih, mahasiswa yang mengikuti program Kuliah Pengabdian Mahasiswa (KPM) baik jalur PAR maupun reguler baru saja selesaikan program sekira sebulan lalu.

Mahasiswa semester 8 Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fauzan mempertanyakan perubahan jadwal wisuda hingga dua bulan. Menurutnya percepatan itu menyulitkan mahasiswa yang ingin wisuda pada semester genap ini akibat minimnya waktu yang tersedia.

“Apalagi bagi mahasiswa yang baru KPM, baru seminggu yang lalu mahasiswa angkatan 2012 siap selesaikan sidang KPM. Otomatis selama KPM skripsi susah tersentuh, belum lagi harus bimbingan,” ujarnya kepada sumberpost.com beberapa waktu lalu melalui telepon.

Di sisi lain, lanjutnya, percepatan jadwal wisuda tersebut memangkas waktu normal perkuliahan yang sudah diatur sebelumnya. Meski sisi positif dari percepatan waktu itu mahasiswa bisa cepat wisuda.

“Jujur saja, mahasiswa bnyak yang pesimis untuk bisa wisuda tahun ini. Apakah membuat skripsi semudah buat makalah? Ditambah lagi dengan persyaratan lumayan banyak, misal TOEFL, sertifikat komputer, dan halaqah,” kata Fauzan. Ia juga mengirim screenshot pesan mahasiswa akhir lain yang mengeluh dengan percepatan jadwal wisuda.

Ia berharap, wisuda tetap diadakan pada Oktober, atau minimal September, agar mahasiswa mempunyai waktu menyelesaikan skripsi dan syarat-syarat lain untuk wisuda.

Sementara itu, Wakil Rektor (Warek) I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Ar-Raniry, Muhibuthabry saat dikonfirmasi melalui sms, menjawab, perubahan jadwal wisuda semester genap tahun akademik 2015/2016 dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkuliahan semester ganjil tahun 2016.

“Iya, menyesuaikan dengan kalender akademik yang kuliahnya awal September 2016,” tulisnya singkat, pada Jumat (24/6/2016).

Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Warek I yang sedang mengikuti kegiatan di kementrian meminta agar wawancara dilakukan setelah ia kembali ke UIN Ar-Raniry minggu depan. []

Abd Hadi F