Tips Menjaga Kefitrahan Usai Ramadhan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Usai libur lebaran, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Ar-Risalah UIN Ar-Raniry mengadakan Halal bi Halal bersama kader dan para alumni di masjid Fathun Qarib, Minggu (24/7/2016).

Dalam sambutannya, Ketua Umum LDK Ar-Risalah, Azmul Fauzi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin silaturrahmi dan berbagi pengalaman antara anggota dan alumni lembaga tersebut.

“Selain silaturahmi dan berbagi pengalaman, acara ini juga berfungsi untuk melibatkan para alumni dalam berbagai program yang akan digerakkan LDK Ar-Risalah kedepan,” tutur Azmul.

Dalam acara tersebut hadir pula para Ketua Umum LDK Ar-Risalah sejak tahun 1998 hingga tahun 2013-2014. Dan sebagian besar para alumni yang hadir, telah mengajar sebagai dosen di UIN Ar-Raniry.

Ketua Ikatan Dakwah Indonesia (IKADI) Aceh, sekaligus mantan Ketua Umum LDK Ar-Risalah masa periode pertama, Ustad Yasir Yusuf dalam tausiahnya memberikan tips menjaga nilai-nilai kefitrahan pada bulan Ramadan agar tetap terjaga dan bertahan lama.

“Pertama, Taubat. Penyebab utama turunnya semangat dalam beribadah diluar Ramadan karena banyaknya dosa. Ketika kita tidak bersegera memohon ampunan, maka rasa senang untuk beribadah pun akan hilang,” kata Ustad Yasir.

Kedua ialah takwa. Dikatakan Ustad Yasir, orang yang bertakwa bukanlah mereka yang tidak pernah berbuat dosa di dunia, namun adalah orang yang nilai timbangan kebaikanya jauh lebih banyak daripada maksiat.

“Ketiga, salat. Ibadah yang satu ini tak hanya memberikan ganjaran di akhirat saja. Tetapi di dunia pun kita akan mendapat berbagai kemudahan, utamanya kemudahan rizki.”

Diakhir tausiyah, Ustad Yasir mengingatkan agar selalu berbuat kebaikan, karena orang yang senang dengan kebaikan, akan selalu dikenang ketika kelak sudah tiada. []

Magang : Sara Masroni | foto: AHF

Mungkin Anda Menyukai