Mahasiswa Galang Tanda Tangan Tolak Bank Konvensional

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sekira pukul 09.30 WIB, sejumlah mahasiswa berkumpul di depan Gedung B Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Belasan mahasiswa itu memakai almamater UIN Ar-Raniry.

Dua diantara mahasiswa beralmamater biru muda tersebut terlihat bergantian memegang pengeras suara, berorasi di depan kerumunan mahasiswa yang sedang berkumpul. Mereka yang memakai almamater ialah mahasiswa angkatan 2015 yang merasa terzalimi oleh Bank Mandiri.

Dalam aksinya, mahasiswa angkatan 2015 itu membawa sehelai spanduk putih polos ukuran 1×4 meter. Belasan tanda tangan sudah dibubuhi diatasnya. Tertera tulisan “Kami Menolak Bank Konvensional di UIN” dalam spanduk itu.

“Kami mahasiswa UIN leting 2015 menuntut kejelasan kepada Rektor, kenapa masalah Kartu Tanda Mahasiwa (KTM) belum juga diselesaikan? Kami juga menolak bank konvensional di UIN,” ujar Nasai saat berorasi.

Menurutnya, KTM yang diserahkan oleh Bank Mandiri kepada mereka tidak sesuai yang dijanjikan. Sebelumnya, mahasiswa angkatan 2015 dipungut uang Rp. 10 ribu dengan dalih biaya foto dan identitas yang akan dibuat pada KTM. Kenyataannya, KTM yang mereka terima tanpa dibubuhi foto mahasiswa.

Mahasiswa angkatan 2015 itu melancarkan aksi untuk meminta kejelasan dari Rektor UIN Ar-Raniry mengenai persoalan KTM yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan sebelumnya.

Sebelum melancarkan aksi dan berorasi keliling fakultas di UIN Ar-Raniry, mahasiswa sudah beberapa kali beraudiensi dengan pihak Rektorat dan Bank Mandiri, namun kedua belah pihak saling lempar tanggung jawab. Mereka sudah meminta kepada Rektor agar segera direvisi KTM mahasiswa 2015.

“Sudah empat bulan kami tunggu ini di ubah, tapi tidak ada kejelasan sampai sekarang,” sebutnya.

Sementara itu, mereka juga menolak kerja sama UIN Ar-Raniry dengan Bank Mandiri yang berbasis konvensional karena dinilai tidak sesuai dengan status UIN selaku kampus bersyariat Islam.

Selain menyampaikan orasi, mereka juga menggalang tanda tangan sebagai bentuk dukungan menolak Bank konvensional di UIN.

“Kami akan menggalang tanda tangan mahasiswa diseluruh Fakultas di UIN,” ujar salah satu diantara pengunjuk rasa. []

Magang: Muhamad Ghafar | foto: Dok. Mahasiswa 2015

Mungkin Anda Menyukai