Ini Kiat-kiat Menulis Opini

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pengurus Wilayah Persaudaraan Muslimah (Salimah) Aceh mengadakan Training Kehumasan bertajuk Penulisan Press Realese dan Opini di Aula Hotel Lading, Minggu (31/7/2016).

Dalam acara tersebut hadir pula Redaktur Serambi Indonesia, Ansari Hasyim dan Penulis Opini, Teuku Zulkhairi sebagai narasumber dan pembicara kegiatan tersebut.

Penulis opini, Teuku Zulkhairi mengatakan, kegiatan menulis merupakan tradisi intelektual. Menurutnya, setiap tulisan yang dibuat meskipun tidak dimuat oleh media massa tetap saja memberikan nilai manfaat yang besar, terutama kepada penulisnya.

“Tidak semua orang saat ini mau berfikir. Dengan menulis kita telah menyumbangkan pemikiran dan solusi kepada khalayak. Dan solusi itu mahal nilainya,” ujar Zulkhairi.

Ia juga memberikan bagaimana kiat-kiat menulis opini, diantaranya pembiasaan menulis sejak dini. Lalu ketika menulis, tawarkan solusi dari sebuah masalah yang belum pernah ditulis orang lain.

Kemudian, lanjutnya, usahakan dari setiap permasalahan yang diangkat untuk ditulis harus mengaitkan dengan konteks kekinian dan erat hubungannya dengan Aceh.

“Tulisan yang sedang hangat dibicarakan akan lebih mudah dimuat media dan mendapat perhatian lebih dari redaktur,” ungkap Zulkhairi.

Redaktur Serambi Indonesia, Ansari Hasyim yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan Humas dalam sebuah organisasi, adalah ujung tombak agar organisasi tersebut dikenal dan mendapat tempat dihati publik. Untuk itu, kemampuan menulis setiap kegiatan organisasi dibutuhkan oleh seorang humas agar setiap kegiatan yang dilakukan diketahui orang lain.

“Tidak semua berita bisa kami muat. Kami memperioritaskan setiap berita rilis yang dianggap penting dan menarik, mengingat ruangan koran yang amat terbatas,” ujar Ansari.[]

Sara Masroni | foto: internet

Mungkin Anda Menyukai