Kusta Bukan Penyakit Keturunan

Sumberpost.com | Lhoksukon – Dalam penyuluhan penyakit kulit yang diselenggarakan di Meunasah Desa Nibong, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara, pengelola program kusta dari Dinas Kesehatan Aceh Utara menyatakan, kusta bukanlah penyakit keturunan.

“Yang banyak masyarakat tahu bahwa penyakit kusta ialah penyakit keturunan, tapi itu tidaklah benar, karena penyakit kusta dapat tertular melalui seringnya bersentuhan secara langsung,” ujar Sudirman, pengelola program kusta Dinas Kesehatan Aceh Utara, Rabu (3/8/2016).

Kendati demikian, penyakit kusta dapat menyebar melalui bersin dan juga sentuhan fisik secara berulang-ulang. Dalam penyuluhan itu, Sudirman banyak bercerita mengenai penyakit kulit lain selain kusta.

Selain melakukan penyuluhan, Dinas Kesehatan juga turut memeriksa dan membagikan obat kepada masyarakat. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak kecacatan yang mungkin akan diderita pasien jika terlambat berobat.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Aceh Utara telah melakukan penyuluhan di sepuluh desa pada kecamatan yang berbeda-beda, diantaranya Kecamatan Syamtalira Bayu dan Samudera. []

Rismayanti