Mahasiswa UIN Ar-Raniry Raih Dua Juara pada Lomba Tingkat Provinsi

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dua mahasiswa UIN Ar-Raniry berhasil meraih juara II dan III pada lomba Diskusi Parade Cinta Tanah Air tingkat Mahasiwa se-Provinsi Aceh yang dihelat oleh Kementerian Pertahanan RI Provinsi Aceh di Hotel Grand Aceh Syariah, 10 Agustus 2016 lalu.

Dalam lomba ini, tim yang mendapatkan juara II beranggotakan Ilka Sandela dan Naily Sumaiya, sementara tim yang meraih juara III beranggotakan Iqbal Maulana dan Yonas Efendi. Mereka berempat merupakan mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry.

Lomba yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas seperti Universitas Syiah Kuala, Universitas Muhammadiyah, Universitas Abulyatama, dan Universitas U’budiyah ini berjumlah 28 tim. Sedangkan tema yang diangkat ialah Dengan Cinta Tanah Air akan Tercipta Generasi Muda Indonesia yang Mampu Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry, Ilka Sandela mengatakan, lomba itu diadakan untuk menumbuhkan kesadaran dan rasa cinta tanah pemuda terhadap air. “Jadi kegiatan seperti ini dapat menambah pengetahuan tentang pertahanan dan bela negara di kalangan generasi muda,” ujarnya.

Menurutnya, pengetahuan tentang bela negara termasuk penting, karena setiap warga negara indonesia berhak ikut serta membela negara. Di era globalisasi, kata Ilka, negara tidak lagi dihancurkan secara fisik, akan tetapi secara ideologi dan intelektual.

“Oleh karena itu kita para generasi muda harus belajar dengan sungguh-sungguh supaya tidak mudah terombang-ambing oleh berbagai hal yang mengancam ke depan,” katanya. [Rilis]