Ini Manfaat Orientasi Perpustakaan Bagi Mahasiswa Baru

Sumberpost.com | Banda Aceh – UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry mengadakan orientasi perpustakaan bagi mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017, yang dimulai pada hari ini, Senin hingga Rabu (22-24/8/2016).

Hari ini mahasiswa yang mengikuti orientasi berasal dari Fakultas Syariah dan Hukum dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Ratusan mahasiswa dari dua fakultas ini ikut orientasi dengan tertib.

“Kegiatan orientasi perpustakaan ini sangat bermanfaat, karena kami selaku mahasiswa baru kan belum tahu apa-apa tentang perpustakaan, dengan adanya kegiatan ini kami jadi tahu bagaimana cara menggunakan fasilitas di perpustakaan UIN,” kata Chika Fitri Febrianti, mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum.

Senada dengan Chika, mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Syawwal juga mengaku program orientasi bermanfaat. Pada program ini, mahasiswa baru diberitahu cara membuat kartu tanda perpustakaan, melakukan pencarian buku di mesin OPAC, melihat kode buku di rak, serta cara meminjam dan mengembalikan buku secara mandiri.

Hazra Yusria, mahasiswi lainnya merasa orientasi perpustakaan penting diikuti mahasiswa baru, karena dapat mempengaruhi mahasiswa agar rajin membaca.

“Bagi saya, perpustakaan itu dapat menghidukan jiwa, dengan membaca pun ilmu kita semakin bertambah,” ujar mahasiswa yang lulus di Jurusan Hukum Ekonomi Syariah ini. []

Maulidar Agustina

Mungkin Anda Menyukai