Forum Komunitas Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Idul Adha

Sumberpost.com | Banda Aceh – Forum Kolaborasi Komunitas (FKK) mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan pada hari raya Idul Adha 1437 H mendatang. Aksi ajakan akan digelar d Suzuya Mall pada Sabtu (10/9/2016) pukul 16.30 WIB.

Puluhan anggota FKK, pekerja kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh, serta tim dari Badan Pengendalian Dampak Lingkungan, akan menyebar ke Suzuya Mall membagikan poster ajakan menjaga kebersihan lingkungan. Gerakan Idul Adha bebas sampah ini juga sejalan dengan program Banda Aceh Bebas Sampah 2020.

“Salah satu perhatian kami adalah seringnya ditemukan sisa kertas koran berceceran selepas pelaksanaan shalat ‘Id, terutama bila dilaksanakan di lapangan terbuka,” kata koordinator aksi, Aulia.

Selama ini, pada pelaksanaan salat hari raya di lapangan terbuka dan halaman masjid, masih banyak orang yang meninggalkan koran usai digunakan sebagai lapisan sajadah. Karenanya, FKK menyeru agar yang membawa koran usai menggunakan membuang koran tersebut di tempatnya, agar tidak berserakan dan kuantitas sampah berkurang.

Aulia berharap partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan mewujudkan Idul Adha Bebas Sampah. Hal ini sekaligus menunjukkan partisipasi aktif masyarakat terhadap kebersihan kota Banda Aceh, yang belum lama ini memperoleh Adipura Kirana 2016.

Selain membagikan poster ajakan menjaga kebersihan lingkungan, masyarakat akan diajak foto bersama sebagai bentuk mendukung Idul Adha bebas sampah. Sedangkan di halaman depan Suzuya Mall, akan digelar flashmob. [Rilis]

Foto: Dok. Sumberpost