Ini Alasan Mahasiswa Pilih Prodi Sosiologi Agama

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ada beberapa hal yang membuat calon mahasiswa menentukan pilihannya pada Program Studi (Prodi) Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry, diantaranya karena menyukai ilmu, ingin menjadi peneliti, dan guru Sosiologi Agama serta peluang pekerjaan.

Hal itu terungkap dalam hasil hasil survei yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Sosiologi Agama beberapa waktu lalu.

Ketua Prodi Sosiologi Agama Muhammad Sahlan, Senin (26/9/2016) menyebutkan, survei itu dilakukan terhadap 87 mahasiswa baru dari 118 mahasiswa yang lulus pada Prodi Sosiologi Agama tahun 2016.

Dia menyebutkan, hasil yang terungkap antara lain bahwa 39 persen mahasiswa memilih Prodi ini karena mereka menyukai pelajaran Sosiologi sejak di bangku SMA atau Madrasah Aliyah, 28 persen ingin menjadi peneliti dalam bidang Sosiologi Agama, 19 persen ingin menjadi guru Sosiologi, 9 persen alasan lapangan pekerjaan dan  5 persen lagi menjawab lain.

“Ada beberapa hal yang ditanyakan dalam survey tersebut, selain alasan memilih Prodi Sosiologi Agama juga diperoleh data bahwa mereka mengetahui informasi tentang Prodi ini 37 persen dari teman, 32 persen dari internet atau website, 15 persen dari keluarga dan 5 persen dari media cetak,” ujarnya.

Sahlan menambahkan, dari kategori sekolah menunjukkan bahwa 63 persen berasal dari SMA, 24 persen Madrasah Aliyah, 9 persen Pesantren, dan 4 persen dari SMK.

Data survey itu akan menjadi catatan bagi ketua, sekretaris, maupun dosen di Prodi tersebut untuk meningkatkan publikasi dan sosialisasi ke sekolah-sekolah di masa mendatang.

Sementara itu, Sekretaris Prodi Sosiologi Agama Sehat Ihsan Shadiqin menyebutkan, dari hasil survey juga menyebutkan bahwa 45 persen mahasiswa memilih prodi Sosiologi Agama sebagai pilihan pertama, 40 persen pilihan kedua dan 15 persen pilihan ketiga. Ini membuktikan bahwa sosiologi agama di UIN Ar-Raniry telah banyak peminatnya

Ia mengungkapkan bahwa dirinya terkejut dengan hasil survey yang dilakukan oleh HMP tersebut. Prodi sosiologi agama baru berusia lebih kurang empat tahun dan ternyata telah mendapat tempat di hati masyarakat.

“Prodi Sosiologi Agama UIN Ar-Raniry telah menerima mahasiswa baru sejak tahun 2013 yang lalu, tahun 2016 merupakan mahasiswa angkatan ke empat,” ujar Sehat. [Rilis]

Foto: Dok. Sumberpost

Mungkin Anda Menyukai