Manajeman Dakwah Baksos di Lima Desa

Sumberpost.com | Aceh Besar – Sebanyak 40 mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry gelar bakti sosial (baksos) di Lhoong, Aceh Besar, selama lima hari.

Peserta baksos diberangkatkan menggunakan bus pada Jumat pagi (30/9/2016) dari FDK menuju Lhoong didampingi ketua jurusan serta para dosen Manajemen Dakwah. Sebelumnya peserta baksos telah menjalani pelatihan selama dua hari untuk mempersiapkan diri ketika di lapangan nanti.

Ketua Jurusan Manajemen Dakwah FDK UIN Ar-Raniry, Jailani mengatakan, kegiatan baksos cocok untuk mahasiswa yang lebih suka kepada praktik. ia berujar, dalam baksos itu, juga disosialisasi Jurusan Manajemen Dakwah FDK kepada masyarakat.

Peserta baksos dibagi menjadi lima kelompok yang disebar di lima desa, yaitu Desa Birek, Pudeng, U tamoeng, Paro, dan Teungoh Blang Mee. Satu kelompok terdiri dari delapan orang.

Dosen Jurusan Manajemen Dakwah, Sakdiah berkata, baksos tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena peserta menginap langsung di lokasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Kegiatan utama yang dilakukan selama baksos meliputi pelatihan tahyiz mayat, pelatihan khutbah jumat, gotong royong serta pemberdayaan meunasah-meunasah di desa.

“Nanti akan ada satu desa yang menjadi desa binaan Jurusan Manajemen Dakwah,” ujar Sakdiah. [Rilis]