Mahasiswa KPM UIN Gelar Lomba MTQ Tingkat Gampong

Sumberpost.com | Aceh Tengah – Mahasiswa UIN Ar-Raniry yang sedang melakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) mengggelar perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat TPA di Desa Simpang Kelaping, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah, Minggu (2/10/2016).

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut tahun baru Islam dan untuk menumbuhkan semangat anak-anak TPA dalam belajar menuntut ilmu agama. Adapun cabang yang diperlombakan ialah pidato bahasa Indonesia, bacaan surat pendek, praktek bacaan salat, bacaan iqra’, doa sehari-hari dan mewarnai.

Ketua panitia, Mislizar menyampaikan, kegiatan MTQ merupakan tugas wajib mahasiswa untuk memberikan motivasi kepada anak-anak.

Selain itu, anak-anak yang mendapatkan juara ditingkat Desa Simpang Kelaping kembali dilatih untuk diikutkan lomba pada acara tingkat kecamatan yang juga diselenggarakan oleh mashasiswa.

“Mari kita tingkatkan belajar anak-anak kita, jangan hanya di TPA saja. Saya berharap kepada setiap orang tua juga turut membantu anak-anaknya di rumah. Mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di TPA,” kata geuchik atau disebut dengan Reje oleh masyarakat Takengon, M. Nur saat membuka acara tersebut.

M Nur turut memberikan apresiasi kepada mahasiswa KPM yang ditempatkan di Desa Simpang Kelaping karena telah membantu masyarakat dan anak-anak selama pengabdian. Terutama denan mengadakan perlombaan seperti MTQ.

“Kami semua masyarakat Simpang Kelaping mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KPM yang telah mengadakan perlombaan ini, saya berharap semoga dega kegiatan ini dapat menambah semangat dan motivasi anak-anak kami,” ujarnya. []

Zuhri Noviandi

Mungkin Anda Menyukai