Mahasiswa KPM UIN Gelar MTQ Festival

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa UIN Ar-Raniry yang sedang melakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) gelombang kedua di Kabupaten Aceh Tengah, selenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Festival tingkat Kecamatan Pegasing, Minggu (16/10/2016) di kantor kecamatan setempat.

Acara ini berlangsung selama tiga hari hingga 18 Oktober 2016 dan diikuti oleh anak-anak perwakilan dari setiap 20 desa yang ada di kecamatan Pegasing dengan jumlah perlombaan sebanyak 12 cabang.

Adapun cabang yang diperlombakan adalah Nasyid, Cerdas Cermat Agama, Mewarnai, Azan, Baca Iqra, Doa sehari-hari, Tilawah, Hafalan Surat Pendek, Pidato, Praktek Salat dan Seni Musik.

Sebelumnya para mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry yang berada di Kecamatan Pegasing juga telah menyelenggarakan turnamen cabang olah raga Bola Kaki dan Volly.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin diwakili oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Tengah, Alam Syuhada mengatakan, kegiatan MTQ yang digelar oleh mahasiswa UIN tersebut merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Aceh Tengah.

“Dengan adanya acara ini semakin mendukung program pemerintah dalam menanam ilmu agama pada masarakat Aceh Tengah ini,” tuturnya saat membuka acara mewakili Bupati Aceh Tengah.

Alam Syuhada berharap, kegiatan MTQ tersebut dapat membantu menumbuhkan motivasi anak-anak di Aceh tengah dalam menuntut dan mendalami ilmu agama.

“Ini merupakan salah satu program yang sangat bagus dilaksanakan oleh mahasiswa. Semoga dengan acara ini dapat menumbuhkan kembali semangat anak-anak di Aceh Tengah ini dalam menuntut ilmu agama.” ujarnya.

Semetara itu, Camat Pegasing, Kamaluddin mengatakan, Kegiatan MTQ oleh mahasiswa KPM tersebut baru perdana dilaksanakan di Kecamatan Pegasing. Ia mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KPM yang selama ini telah membantu masyarakat dalam membangun desa.

Disamping itu, Ketua mahasiswa di Kecamatan Pegasing, Muhammad Fajar Sidqi mengatakan, MTQ ini merupakan program wajib mahasiswa yang mengikuti KPM dan telah dipersiapkan sejak pertama tiba di Aceh Tengah.

Disamping itu, Fajar meminta kepada seluruh masyarakat agar dapat mendukung dan menjaga kemanan bersama selama MTQ berlangsung. []

Zuhri Noviandi

Mungkin Anda Menyukai