Mahasiswa SKI Praktikum Arkeologi di Aceh Tengah

Sumberpost.com | Aceh Tengah – Sebanyak 50 mahasiswa Prodi Sejarah Kebudayaan Islam Fakultas Adab dan Humaniora (SKI-FAH) UIN Ar-Raniry bersama sejumlah dosen melakukan praktikum arkeologi di bekas Kerajaan Linge, di Buntul Linge, Kecamatan Linge, Aceh Tengah.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari pada 14-16 Oktober 2016 tersebut turut didampingi langsung oleh Wakil Dekan I FAH UIN Ar-Raniry,Nasruddin. Dalam pratikum itu, mahasiswa meneliti sejumlah situs-situs bersejarah yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

“Selain bekas Kerajaan Linge, situs lain yang akan diteliti adalah situs Loyang mendale di kebayakan, hasil ekskavasi peneliti Balai Arkeologi Sumatera Utara, Putri Pukes, rumah adat, masjid tua dan bangunan-bangunan bersejarah lain yang ada di Takengon,” kata Nasruddin, Minggu (16/10/2016) saat berada di Loyang Mendale, Kebayakan, Takengon, Aceh Tengah.

Menurut dia, praktikum arkeologi ini merupakan bagian dari tugas mata kuliah Arkeologi. Untuk aspek yang ditelaah dari segi Arkeologi, sejarah dan antropologi.

“Sehari sebelumnya kita sudah meneliti situs bekas Kerajaan Linge dengan menghadirkan informan dari keluarga Raja Linge XVIII, Karimuddin dan tokoh adat Gayo, Rahman,” tambah Nasruddin.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan mahasiswa SKI FAH UIN Ar-Raniry turut didampingi oleh Dekan FAH, Syarifuddin, Ketua Prodi SKI, Marduati yang juga dosen Arkeologi, dosen Antropologi, Bustami Abubakar, dan dosen Antropologi, Nasruddin. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai