Tembakan Warnai Demo Mahasiswa UIN

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam koalisi peduli Mahasiswa UIN Ar-Raniry, Selasa (18/10/2016) melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung Auditorium Prof. Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Aksi yang dilakukan untuk memprotes pemenang sayembara logo UIN Ar-Raniry itu diwarnai tembakan peringatan oleh petugas kepolisian. Pasalnya, massa yang melakukan aksi selama satu jam lebih itu sempat ricuh.

Untuk diketahui, sayembara logo UIN Ar-Raniry dimenangkan oleh Fandy Diadline Widi Anugerah, warga Malang, Jawa Timur. Namun publik menilai logo juara 1 itu melenceng dari nilai-nilai sejarah dan budaya Aceh dan UIN Ar-Raniry.

Awalnya, aksi ini berjalan dengan aman dan tertib. Namun setelah satu jam demo berlangsung, mahasiswa mencoba untuk masuk ke dalam ruang auditorium yang sedang berlangsung peringatan puncak Dies Natalis UIN Ar-Raniry ke 53.

Aksi dorong mendorong antara mahasiswa dan petugas satpam pun terjadi. Suasana menjadi semakin panas setelah salah satu pendemo dipukul oleh satpam, sehingga pendemo mengejar satpam yang dimaksud.

Akhirnya, tembakan tiga kali terpaksa dilepaskan oleh petugas kepolisian sehingga pendemo redam sesaat.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Farid Wajdi yang ikut menemui pendemo mengatakan, pihaknya akan berembuk kembali dengan petinggi-petinggi rektorat untuk mengevaluasi masukan-masukan yang diberikan mahasiswa.

“Kami akan mengevaluasi kembali terkait tuntutan-tuntunan mahasiswa, kami akan berembuk kembali dan melibatkan mahasiswa,” jelas Rektor Farid dihadapan pendemo.

Mengenai logo, Rektor menjelaskan bahwa pihak kampus tidak akan langsung menetapkan logo pemenang sayembara tersebut sebagai logo baru UIN Ar-raniry. Tetapi, jelasnya, pihak kampus akan memodifikasi dimana saja masukan-masukan dari mahasiswa. []

M. Fadhil | foto: Rizqi S.

Mungkin Anda Menyukai