Mahasiswa Teknik Lingkungan Ajari Murid Pilah Sampah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry memberikan edukasi mengenai sampah kepada murid Sekolah Dasar (SD) 58, Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Sabtu (29/10/2016).

Sekitar 40-an murid dari kelas 5 dan 6 SD tersebut ikut edukasi sampah yang diberi nama Enviro School Project. Enviro School Project sendiri merupakan salah satu program dari Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia.

Ketua HMJ Teknik Lingkungan UIN Ar-Raniry, Muhajir mengatakan, pada kegiatan itu pihaknya mengajari kepada murid SD 58 tentang cara memilah sampah dan membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah.

“Kita kasih tau ke adik-adik untuk buang sampah pada tempatnya dengan benar, sehingga pemerintah tidak terlalu repot memilah sampah,” kata Muhajir disela kegiatan.

Murid SD 58 diberitahu mengenai sampah organik, yaitu sampah yang mudah terurai seperti daun dan batang. Sampah anorganik, sampah yang tidak mudah terurai, seperti platik dan botol plastik. Kemudian sampah residu dan sampah bahan berbahaya dan beracun, seperti sampah medis dan zat kimia.

Mahasiswa Teknik Lingkungan juga mengajak murid SD bermain pilah sampah dengan memasukkan sampah pada tong sampah yang sesuai dengan jenis sampah tersebut.

Muhajir berharap, murid SD yang pada biasanya masih suka meniru bisa mempraktekkan cara membuang sampah yang baik dengan menaruh sampah pada tong sesuai dengan jenis sampah. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai