Chairul Fahmi: Dalam Opini Diperlukan Analisis Teori

Sumberpost.com | Banda Aceh – Direktur Eksekutif  The Aceh Institute tahun 2011-2014, penulis sekaligus akademisi Chairul Fahmi mengatakan bahwa dalam penulisan opini dibutuhkan analisis terhadap teori yang dibahas oleh penulisnya.

“Dalam penulisan opini itu dibutuhkan yang namanya analisis oleh si penulis dan ini yang membedakan antara opini dan tulisan dalam bentuk berita. Berita itu sifatnya deskriptif dimana penulisannya sesuai dengan peristiwa yang ada, sedangkan dalam opini sifatnya analisis terhadap suatu peristiwa dengan menghadirkan teori tentang permasalahan yang ditulis tersebut,” jelasnya.

Hal tersebut disampaikannya pada pelatihan karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) di Ruang Kuliah Umum, Selasa (01/11/2016).

Dosen di FSH tersebut juga mengatakan bahwa menulis opini sangatlah sederhana.

“Kalau mau nulis itu cukup dengan menulis apa yang kita lihat dan didengar, setelah itu diramu menjadi satu inti pokok. Kemudian perhatikan paragraf yang setelahnya harus nyambung dengan paragraf sebelumnya,” tukasnya. []

Khayatul Wardani

Mungkin Anda Menyukai