Dialog Utara Resmi Dibuka

Sumberpost.com | Banda Aceh – Bertempat di Gedung Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry pergelaran Dialog Utara ke XVI resmi dibuka pada Jumat (25/11/2016). Acara itu mengangkat tema Bahasa Melayu-Indonesia Sebagai Perekat Peradaban Antar Bangsa.

Acara tersebut berlangsung selama dua hari hingga 26 November 2016, jumlah peserta yang ikut pada kegiatan kali ini sebanyak 80 orang, yang terbagi dari beberapa negara seperti Indonesia, Malasyia, dan Pattani Thailand.

Dalam sambutanya, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Ar-Raniry, Abdul Rani Usman mengatakan, bahasa Indonesia dan bahasa Melayu cukup banyak diminati di seluruh dunia, terutama Amerika, Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur.

Ia juga menambahkan, bahasa Melayu atau bahasa Indonesia telah digunakan oleh Bangsa Melayu sejak ratusan tahun yang lalu dalam bidang perdagangan dan politik.

Dikesempatan itu juga Datok Zainal Abidin Burhan selaku Ketua Gapena (Gabungan Penulis Nasioanal Malaysia) kepada sumberpost.com berharap, kegiatan Dialog Utara ke XVI berdampak positif terhadap hubungan antar negara yang hadir dalam Dialog Utara kali itu. []

RA. Ardy

Mungkin Anda Menyukai