Habitat Bunga Bangkai Terancam di Subulussalam

Sumberpost.com | Subulussalam – Amorphophallus titanum atau bunga bangkai berukuran raksasa adalah tumbuhan endemik Sumatera, jenis bunga yang dapat ditemui di hutan hujan tropis ini memiliki banyak julukan diberbagai daerah.

Disepanjang bantaran sungai Lae Kombih, Kota Subulussalam, bunga yang mengeluarkan bau ini sangat mudah ditemui dikawasan-kawasan hutan muda. Kehadiran bunga langka ini dapat mengundang pengunjung untuk menyaksikan perubahan fase yang muncul pada daun dan batang semunya.

Tumbuhan berukuran dua meter itu kerap didapati dikawasan hutan muda yang menjadi lahan perkebunan masyarakat Subulussalam. Lembaga pemerhati flora dan fauna langka di Kota Subulussalam mengkhawatirkan, peralihan fungsi lahan akan menyudutkan keberadaan bunga langka itu.

“Pada survei yang kita pernah lakukan pada 2009 lalu, luas lahan habitat bunga bangkai sekitar lima hektare. Namun, survei yang kita dilakukan beberapa hari lalu, luas lahan itu diperkirakan tinggal dua hektare,” kata Ketua Lembaga Pemerhati Flora dan Fauna Langka di Kota Subulussalam, Riza Fachriza, Jumat (25/11/2016).

Peralihan fungsi lahan yang terus galak dilakukan, ia khawatirkan dapat mulai mengucilkan habitat bunga yang berasal dari suku talas talasan tersebut. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai