UIN Ar-Raniry Gelar Dialog Pencegahan Radikalisme

Sumberpost.com | Banda Aceh – UIN Ar-Raniry menggelar Dialog Pencegahan Radikalisme pada Senin (28/11/2016) di Museum UIN Ar-Raniry. Kegiatan itu dibuka oleh Rektor yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Muhibbuthabry.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal mengatakan, isu radikalisme dapat mengganggu keamanan dan ketahanan negara.

“Perguruan tinggi harus memiliki konsep dan punya pemaknaan bagaimana teori teknis untuk mengantisipasi agar radikalisme itu tidak menjadi bagian dari budaya bangsa ini, artinya kekerasan yang mengatasnamakan agama, politik budaya itu harus dihindari dan dicegah bersama,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Syamsul, perguruan tinggi sebagai basis riset harus mampu memberikan kontribusi positif agar radikalisme bisa hilang dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kegiatan ini juga diharapkan kepada mahasiswa agar dapat memahami dengan baik terhadap radikalisme. Kita harapkan kepada mahasiswa harus benar-benar konsentrasi dalam proses belajar-mengajar, membekali kompetensi dengan ilmu pengetahuan sekaligus merespon sosio religi yang ada di luar. Mahasiswa harus menjadi pelopor dalam mencegah berkembangnya hal tersebut,” ujarnya.

Adapun pembicara dalam kegiatan dialog tersebut ialah Kepala Kantor Kementerian Pertahanan Provinsi Aceh, Brigjen TNI Adi Sudaryanto, Humas Polda Aceh, AKBP Sulaiman dari, Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal, dan Akademisi UIN Ar-Raniry, Kamaruzzaman Bustamam Ahmad. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai