Mahasiswa UIN Ar-Raniry Bantu Korban Banjir

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 32 mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry mendatangi Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, untuk menyerahkan bantuan dan melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) guna membantu korban banjir di kabupaten tersebut.

Dalam kunjungan itu, mahasiswa menyerahkan bantuan pangan dan sandang berupa beras, roti, dan kain. Selain itu, mahasiswa UIN Ar-Raniry tersebut juga melakukan Baksos, diantaranya dengan membersihkan masjid di Gampong Ujung, Kecamatan Singkil.

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam-Kesejahteraan Sosial (PMI-Kesos), Mahyuddin berujar, pihaknya membantu korban banjir di Aceh Singkil, khususnya di Kecamatan Singkil, untuk meringankan beban korban.

Sementara itu, Geuchik Gampong Ujung di Kecamatan Singkil, Yarimin mengatakan, banjir datang disebabkan hujan deras. Menurutnya, banjir sudah seminggu menggenangi daratan gampong tersebut.

“Kami tidak pernah merasakan banjir seperti ini,” ujar Yarimin kepada sumberpost.com melalui telepon.

Banjir sudah mencapai 2,5 meter di pemukiman warga dan 1 meter di badan jalan nasional. Untuk saat ini, ujar Yarimin, tidak semua jenis kendaraan bisa melewati jalan yang digenang banjir. Barang di rumah seperti kulkas, lemari, barang dagang, hingga perkebunan juga hanyut oleh banjir.

Rumah warga yang tergenang juga membuat warga setempat membangun rumah panggung yang ketinggiannya lebih tinggi daripada banjir. “Rumah panggung dibuat pakai papan kayu. Kalau tingginya, pokoknya jangan sampai kena air lagi,” jelas Yarimin.

Ia berharap, pimpinan Provinsi Aceh mempercepat pembangunan tanggul raksasa yang rencananya di bangun dari Tanah Merah, Gunung Meriah sampai Kilangan, Singkil. “Andai dipercepat, kami tak lagi merasakan bencana itu,” ujarnya. []

Abd Hadi F | Ilustrasi banjir:Ā Dok. Sumberpost