Pengelola Perpustakaan Se-Aceh Dibekali Pelatihan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry bekerjasama dengan Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh gelar pelatihan otomasi perpustakaan berbasis INLISLite di Lab UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, Mustafa yang berlangsung selama tiga hari pada 5-7 Desember 2016.

Pelatihan yang diprakarsai oleh Aceh Library Consultant (ALC) itu diikuti oleh pustakawan, pengelola perpustakaan dan relawan ALC. Kegiatan itu menghadirkan pemateri dari Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, yaitu Rahmaniah selaku Kasubbid Teknologi Informasi Arpus Aceh, Rahmah, Hendra Julian, Khairuddin dan Munawar Fajri.

Ketua pelaksana kegiatan, Zulfikri menjelaskan, pelatihan tersebut diikuti 40 peserta yang dibekali pelatihan sistem automasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan software INLISLite.

Sementara itu, Ketua prodi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Zubaidah berharap, melalui pelatihan ini para peserta mampu mengelola perpustakaan sesuai dengan standar.

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Syarifuddin mengatakan, pustakawan harus terus berkarya dan berbuat demi kemajuan perpustakaan di Indonesia, khususnya Aceh.

Sementara itu, Kepala Badan Arsip dan Perpustakaa Aceh, Mustafa dalam sambutannya mengatakan, untuk era sekarang ini tidak semua orang memberikan perhatian khusus untuk perpustakaan. Bahkan kalau pejabat yang ditugaskan di Badan Arsip dan Perpustakaan dianggap sudah tidak bisa berkontribusi di pemerintahan.

“Kalau pejabat di tempatkan di Arsip seolah-olah tidak dipakai lagi dimana-mana. Ini adalah suatu asumsi yang salah. Menurut hemat saya perpustakaan harus diprioritaskan dan menjadi kebanggaan,” ujarnya saat membuka kegiatan pada Senin (5/12/2016).

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatangan kerjasama antara Prodi S1 Ilmu Perpustakaan, ALC dengan Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh dalam hal pelatihan dan pendampingan perpustakaan. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai